Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Minggu, 15 Mei 2011

Wisata ke Candi Prambanan

Minggu, 15 Mei 2011

Candi Prambanan lokasi yg pas buat kita untuk bersantai sejenak, setelah setiap hari otak kita hanya dipenuhi dengan pekerjaan ( Omzet mas bro ). Mudah - mudahan sekelumit tulisan ini bisa buat referensi teman2 yg mau liburan ke jogja. Apalagi bulan ini sdh memasuki liburan sekolah, tdk ada salahnya refreshing sejenak bersama keluarga.

Legenda candi Prambanan
Candi Prambanan adalah bangunan luar biasa cantik yang dibangun di abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area yang kini dibangun taman indah.

Ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang candi ini. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Karena tak mencintai, Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.
Untuk memasuki area candi anda akan dikenai tiket masuk 25 ribu. Sebelum memasuki area candi anda terdapat area bermain untuk anak2. Saat berjalan menuju komplek candi di kanan - kiri jalan terdapat pepohonan yg rindang yg menambah otak kita jadi lebih fresh.

Komplek Candi
Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

Memasuki candi Siwa yang terletak di tengah dan bangunannya paling tinggi, anda akan menemui 4 buah ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang dalam legenda yang diceritakan di atas.
Cuma sayang pada saat saya kesana ada salah satu candi yaitu camdi brahma yg tdk boleh di masuki krn masih dalam tahap renovasi akibat gempa jogja th 2006.
Tidak hanya candi, anda juga bisa melihat musium yg jaraknya kurang lebih 500 meter dr komplek candi. Museum ini berisi tentang foto - foto awal di pugarnya candi prambanan di zaman belanda dulu selain itu juga terdapat arca - arca yg tdk bisa dipugar yg terletak di area museum.
Selain candi prambanan anda juga bisa mengunjungi candi sewu yg berjarak 1 km dr candi prambanan. Kalau abda ingin mengunjunginya jangan khawatir untuk membayar lagi tiket masuk karena candi sewu masih satu arewa dengan candi prambanan. karena jarak nya jauh saya sarankan anda untuk naek kereta yg akan mengantarkan anda ke candi sewu. Cukup membayar 5 ribu saja.

Demikian sekelumit coretan saya semoga bisa menjadi petunjuk buat anda yg akan berwisata ke candi prambanan.

0 komentar:

Posting Komentar