Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sabtu, 16 November 2013

Partisi ruangan dinamis untuk di rumah

Sabtu, 16 November 2013

Tips Untuk Menghadirkan Partisi Ruangan di Rumah Anda
Saat ini orang mulai beralih dengan desain rumah yang lapang. Bukan hanya karena lahan sebagai tempat hunian yang semakin sempit terjajah berbagai kepentingan, tapi juga dengan banyaknya ruangan rumah akan terasa lebih sumpek. Partisi ruangan adalah salah satu solusi jitu untuk masalah ini. Bukan hanya berfungsi sebagai penyekat antar ruangan pada sebuah rumah tapi penggunaan Partisi ruangan juga berfungsi untuk menjaga privasi, kenyamanan, dan kerapian sehingga banyak nilai estetis yang dapat kita peroleh dengan penggunaannya. Namun tidak sedikit orang yang masih bingung dalam pemilihan partisi yang tepat untuk dihadirkan dalam rumah mereka. Beberapa tips berikut ini mungkin mampu memeberikan inspirasi sekaligus mengusir kegalauan anda dalam pemilihan partisi ruangan.
Hal yang harus diperhatikan adalah bentuk rumah itu sendiri. Untuk rumah yang memiliki ruangan tinggi, dibutuhkan folding door yang terbuat dari aluminium yang dilapisi busa dan kain. Hal tersebut bertujuan agar tiap ruangan menjadi kedap suara dan tidak “mengganggu” ruangan lain. ”Biasanya folding door di ruangan yang memiliki atap cukup tinggi memiliki lebar 1,5 meter dan tinggi 3,5 meter. Ini untuk mempermudah gerakannya. Setiap dudukan bawah dan atas sebaiknya diberi roda sehingga mudah untuk digeser. Sedangkan, untuk rumah bergaya minimalis, lebih baik menggunakan folding door berbahan dasar kayu solid dengan lebar sekitar 50 sentimeter dan tinggi 1,75 meter. Folding door untuk di rumah bisa digunakan sebagai pembatas antara ruang tamu dan ruang tengah atau meja makan dan bisa disesuaikan dengan keinginan si empunya rumah. 

Bila ingin membuat pembatas ruangan yang sementara, gunakanlah pembatas yang mudah digerakkan atau dipindah-pindahkan(moveable), atau bisa juga menggunakan partisi yang semipermanen. Karena pembatas tersebut mudah dibongkar-pasang dan cahaya dan sirkulasi udara tidak dikorbankan. Contohnya dengan penggunaan kain tipis yang panjang dengan ukuran mengikuti acuan tinggi dari pelat lantai sampai plafon rumah tinggal dan dijahit pada sebuah kayu yang dibantuk bulat. Kemudian kayu dan kain tipis yang sudah menyatu tersebut di ikat dengan tali dan dipasangkan pada bagian plafon sedangkan sisi yang satunya dilekatkan pada bagian lantai rumah. Bentuk variasi lain, ujung partisi bagian atas bisa di ikatkan pada kayu atau logam kantilever yang dipasang pada bagian dinding rumah tinggal. Selain itu, logam ringan seperti alumunium juga bisa dijadikan sebagai pengganti bahan material kayu.
Pemilihan partisi ruangan sangat penting untuk menjaga keindahan interior rumah, penggunaan partisi yang semrawut dan berlebihan hanya akan membuat rumah menjadi tampak tidak lebih buruk dari sebuah kapal perang yang baru saja kandas. Apabila partisi tidak permanen, usahakan keberadaannya tak merusak elemen ruang yang lain seperti dinding dan lantai. Perencanaan yang matang sebelum membuat partisi dan perawatannya adalah kunci untuk menghadirkan kesan nyaman dirumah anda.

0 komentar:

Posting Komentar